Jumat, 11 Februari 2011

* Hutan Bakau: Si Penjaga Pantai *

Tumbuhan bakau atau mangrove merupakan sejenis tumbuhan berbentuk semak yang hidup di pesisir. Biasanya, tumbuhan ini ditemukan diwilayah pasang surut di daerah tropis dan sub tropis.

Bakau termasuk jenis tumbuhan yang unik. Kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan pantai yang memiliki kadar garam tinggi sangat luar biasa. Selain itu, bakau juga memiliki akar nafas yang menjulur diatas permukaan air, yang bisa membantunya melakukan respirasi.

Mengaoa hutan bakau ini penting?

Tumbuhan bakau amat penting karena mampu melindungi wilayah pesisir. Sistem akar pohon bakau yang saling terjalin, melindungi wilayah pesisir dari erosi yang diakibatkan oleh gelombang. Oleh karena itu, wilayah pesisir utara Aceh biasa terlindungi dari dampak gelombang tsunami.

Kerimbunan pohon bakau juga dapat melindungi wilayah di sekitar pesisir pantai dari terpaan angin badai. Bukti kekuatan pohon bakau menahan terpaan angin badai terjadi ketika angin hebat menerjang pesisir timur India tahun 1999.

Pada peristiwa itu angin siklon menewaskan sekitar 10.000 orng dan menghancurkn wilayah Orissa. Dari keseluruhan daerah yng mengalami terpaan angin siklon, hanya wilayah pulau Nasi yang tidak mengalami kerusakan berarti. Menurut seorang pakar pohon bakau, daerah ini lolos dari terpaan angin siklon karena dilindungi oleh hutan bakau yang rapat dan lebat.

Selain itu, tumbuhan bakau juga berperan penting dalam menjaga kelangsungan hidup berbagai jenis makhluk hidup. Banyak jenis makhluk hidup yang berkembang baik di antara akar-akar bakau. Misalnya, sebangsa udang-udangan, kepiting bakau, bandeng, dan sebagainya. Oleh karena itu, wilayah hutan bakau berperan besar bagi pengembangan perikanan pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar